Halaman

Selasa, 21 Mei 2019

TIPS PUASA SEHAT


TIPS PUASA SEHAT


Tidak terasa sudah 16 hari dalam menjalankan ibadah puasa. Perubahan pola makan dan aktifitas fisk banyak berkurang, tetapi kita harus tetap semangat dan melakukan penyesuaian agar kesehatan tetap terjaga selama bulan Ramadhan ini.


Meskipun dalam menjalankan ibadah puasa, kita sering merasa lemas dan kantuk, kita harus tetap semangat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa, Berikut tips dari berbuka sampai sahur.           

1.     Jangan lewatkan sahur.
Makan sahur sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa karena membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga juga memberikan nutrisi dan energi yang diperlukan tubuh dalam beraktifitas sampai buka puasa.
Dalam sahur harus mengandung gizi yang seimbang, mengandung karbohidrat kompleks, makanan yang tinggi serat, dan makanan yang tinggi protein.

2.     Minum cukup air
       kebutuhan cairan tubuh harus tercukupi dengan minum air dan mengkonsumsi makanan yang mengandung cairan seperti sup, buah, dan sayuran. klik di sini

3.     Lakukan olahraga di waktu yang tepat
Menunda olahraga pada waktu puasa, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi olahraga dapat dilakukan 2-3 jam sesudah buka puasa. Jangan lupa banyak minum air.

4.     Jangan makan terlalu banyak saat berbuka
Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Mulai berbuka dengan makanan yang ringan seperti kurma dan air putih, kemudian mengkonsumsi makanan yang berat. klik di sini

5.     Konsumsi makan sehat saat sahur dan buka puasa
Dalam mengkonsumsi makanan harus mengandung gizi yang seimbang bagi tubuh. Menjaga pola makan agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung dan obesitas.

Demikian tips puasa sehat, semoga bermanfaat dan puasa berjalan lancar sampai akhir Ramadhan. Aamiin.

2 komentar: